MENGHADAPI PERSAINGAN
Memperluas Total Pasar
Ketika
total pasar bertambah besar, perusahaan yang dominan biasanya mendapatkan
paling banyak. jadi secara umum pemimpin pasar harus mencari pelanggan baru
atau lebih banyak penggunaan dari pelanggan lama.
a.
Pelanggan
baru
Semua
kelas produkmempunyai potensi untuk mrnarik pembeli yang tidak menyadari
keberadaan produk atau menolak karena harga atau tidak adanya fitur tertentu.
Perusahaan
dapat mencari pengguna baru diantara ketiga kelompok ini :
1.
Kelompok
yang mungkin menggunakan produk tetapi tidak melakukannya (strategi penetrasi
pasar)
2.
Kelompok
yang belum pernah menggunakan produk (strategi segmen pasar baru)
3.
Kelompok
yang tinggal ditempat lain (strategi ekspansi geografis).
b.
Lebih
banyak penggunaan
Pemasar
dapat berusaha meningkatkan jumlah, tingkat, atau frekuensi konsumsi.Jumlah
konsumsi dapat ditingkatkan melalui kemasan atau rancangan ulang produk.
Peningkatan frekuensi konsumsi dipihak lain juga
memerlukan salah satu dari :
1.
Identifikasi
peluang tambahan untuk menggunakan merk dengan cara dasar yang sama, atau
2.
Identifikasi
cara benar-benar baru dan berbeda untuk menggunakan merk
Konsumen dapat melihat
produk sebagai produk yang hanya bermanfaat ditempat-tempat tertentu dan saat
tertentu, terutama jika produk itu mempunyai asosiasi kuat dengan situasi
penggunaan atau tipe pengguna tertentu.Salah satu strategi untuk mempercepat
penggantian produk adalah mengaitan tindakan mengganti produk dengan liburan,
acara, atau waktu-waktu tertentu dalam satu tahun.
Stategi yang lain mungkin
dengan memberikan informasi yang lebih bsik kepada konsumen tentang :
1.
Kapan
mereka menggunakan produk untuk pertama kalinya atau harus menggantinya, atau
2.
Tigkat
kinerja produk saat ini.
Pendekatan
kedua untuk meningkatkan frekuensi konsumsi adalah mengidentifikasi aplkasi
seluruhnya baru dan berbeda.
Mempertahankan Pangsa
Pasar
Sambil
berusaha terus memperluas ukuran pasar, perusahaan domnan harus terus aktif
mempertahankan bisnis lamanya.Pemimpin arus meminpin industrinya dalam
mengembangkan produk baru dan layanan pelanggan, efektivitas distribusi, dan
penurunan biaya.perusahaanpemimpin harus terus meningkatkan kekuatan dannilai
kompetitifnya bagi pelanggan dengan memberikan solusi komprehensif.
Dalam
memuaskan kebutuhan pelanggan, kita dapat menarik perbedaan antara pemasaran
responsif, pemasaran antisipatif, dan peasaran kreatif.
a.
Pemasaran
responsif menemukan kebutuhan yang dinyatakan dan mengisinya.
b.
pemasar
antisipatif melihat kebutuhan yang dimiliki pelanggan dalam waktu dekat.
c.
Pemasar
kreatif menemukan dan menghasilkn solusi yang tidak diminta pelanggan tetapi
direspons secara antusias oleh pelanggan. Pemasar kreatif adalah perusahann
penggerak pasar, bukan hanya tergerak oleh pasar.
Perusahaan penggerak pasar menjadi
pemimpin pasar karena mampu memberikan nilai yang unggul untuk kebutuhan
konsumen yang belum terpenuhi dan mungkin bahkan belum diketahui.
Bahkan ketika tidak sedang melancarkan
serangan, pemimpin pasar tidak boleh membiarkan sisi lemah utamanya
terekspos.Pemimpin pasar harus mempertimbangkan secara seksama wilayah mana
yang harus dipertahankan, walaupun harus menderita kerugian, dan wilayah mana
yang dapat diserahkan.
Tujuan strategi defensif adalah
mengurangi probabilitas serangan, mengalihan serangan ke wilayah yang tidak
terlalu terancam, dan tidak mengurangi intensitasnya.
Kecepatan respon pihak yang bertahan
bisa menghasilkan perbedaan penting dalam konsekuensi laba.
Pertahanan Posisi
Pertahanan
posisi berarti menduduki ruang pasar yang paling diinginkan dalam pikiran
konsumen, membuat merek hampir tidak dapat dihancurkan.
a.
Pertahanan
Sisi ( Flank )
Pemimpin pasar harus membangun pos-pos
luar untuk melindungi garis depan yang lemah atau yang dapat bertindak sebagai
basis invasi untuk melalakukan serang balik.
b.
Pertahanan
Preemtif
Perusahaan dapat meluncurkan pertahanan
preemtuf dapat dilakukan dengan beberapa cara. Perusahaan melaksanakan perang
gerilya diseluruh pasar, menghantam satu pesaing disini dan pesaing lain disana
sehingga membuat semua kehilangan keseimbangan. Dengan cara ini perusahaan
dapat mengirimkan sinyal pasar untuk menghalangi pesaing agar tidak melakukan
serangan.
c.
Pertahanan
Serangan Balik
Dalam serangan balik pemimpin dapat
menghadang penyerang secara frontal atau menghantam produk pendampngnya atau
meluncurkan gerakan menekan. Serangan balasan yang efektif adalah menyerang
wilayah utama penyerang sehingga penyerang akan menarik diri dan bertahan.
d.
Pertahanan
Mobile
Dalam pertahanan mobile, pemimpin
membentangkan dareah kekuasaannya kewilayah-wilayah baru yang dapat bertindak
sebagai pusat pertahanan dan serangan masa depan melalui perluasan pasar dan
dirversifikasi pasar.
e.
Pertahanan
Kontraksi
Kadang-kadang perusahaan besar harus
menyadari bahwa mereka tidak dapat lagi mempertahankan wilayah mereka.
Memperluas Pangsa Pasar
Biaya membeli pangsa pasar yang lebih tinggi bisa
jauh melebihi nilai pendapatannya, perusahaan harus mempertimbangkan empat
factor sebelum mengejar peningkatan pangsa :
1.
Kemungkinan
memprovokasi tindakan antitrust
2.
Biaya
ekonomi
3.
Melakukan
kegiatan pemasaran yang salah
4.
pengaruh
peningkatan pangsa pasar terhadap actual dan kualitas anggapan.
Strategi Kompetitif Lain
a.
Strategi
Penantang Pasar
1.
Mendefinisikan
tujuan strategis dan lawan
Sebagian besar
bertujuan meningkatkan pangsa pasar. Penantang harus memutuskan siapa yang akan
diserang:
·
Penantang dapat menyerang pemimpin pasar. Ini adalah strategi berisiko tinggi
tetapi berpotensi mendapatkan imbalan yang tinggi pula dan masuk akal jika
pemimpin tidak melayani pasar dengan baik. Strategi ini mempunyai unggulan
yaitu menjatuhkan perusahaan dari penantang lain.
·
Penantang
dapatmenyerang perusahaan yang seukuran dengannya dimana perusahaan itu tidak
melakukan pkerjaan dan tidak mempunyai cukup dana. Perusahaan-perusahaan ini
mempunyai produk yang menua, mengenakan harga yang berlebihan atau tidak
memuaskan pelanggan dengan cara lain.
·
Penantang
dapat menyerang perusahaan lokal dan regional yang kecil
2.
Memilih
strategi serangan umum.
a)
Serangan
Frontal
b)
Serangan
Flank/Sisi
c)
Serangan
Pengitaran (Encirclement)
d)
Serangan
Melewati (Bypass)
e)
Perang
Gerilya
3.
Memilih
stategi seragan yang spesifik
Penantang harus
melangkah melampaui lima strategi luas ini dan mengembangkan strategi menjadi
lebih spesifik. Keberhasilan penantang tergantung pada penggabungan beberapa
strategi untuk meningkatkan posisinya seiring berjalannya waktu
a)
Strategi
Pengikut Pasar
Banyak
perusahaan lebih suka mengikuti dan tidak menantang pemimpin pasar.Pengikut
Pasar harus tahu bagaimana mempertahankan pelanggan lama dan memenangkan pelanggan
baru yang cukup.
Kita membedakan
empat strategi umum :
1)
Pemalsu.
Pemalu meniru produk dan kemasan pemimpin dan menjualnya dipasar gelap atau
melalui penyalur yang tidak memiliki reputasi.
2)
Pengklon
(cloner). Pengklon mengemulasi produk, nama, dan kemasan pemimpin dengan
sedikit variasi.
3)
Peniru.
Peniru meniru beberapa hal dari pemimpin tetapi mempertahankan diferensiasi
berdasarkan kemasan, iklan, harga atau lokasi.
4)
Pengabdosi.
Pengabdosi mengambil produk pemimpin dan mengadaptasinya atau memperbaikinya.
b)
Strategi
Penceruk Pasar
Perusahaan yang
lebih kecil biasanya menghindari bersaing dengan perusahaan yang lebih besar
dengan membidik pasar kecil yang hanya sedikit atau tidak diminati oleh
perusahaan besar.Tetapi bahkan perusahaan besar dan menguntungkan mungkin lebih
memiih dan menggunakan strategi penceruk bagi beberapa unit bisnis atau
perusahaan mereka.
penceruk sangat menguntungkan karena
penceruk dapat mengeahui pelanggan sasaran dengan begitu baik, penceruk
memenuhi kebutuhan pelanggan lebih baik dibandingkan perusahaan lain yang
menjual substansial diatas biaya. Penceruk mencapai margin tinggi, sementara
pemasar massal mencapai volume tinggi.
penceruk mempunyai tiga tugas :
menciptakan ceruk, memperluas ceruk, dan meindungi ceruk.
MENYEIMBANGKAN
ORIENTASI PELANGGAN DAN PESAING
a.
Perusahaan
yang berpusat pada pesaing
Perusahaan yang
berpusat pada pesaing menetapkan jalurnya sebagai berikut :
1)
Situasi
yang dipelajari
·
Pesaing
W berusaha sekuat tenaga untuk menghancurkan kita di Miami
·
Pesaing
X menngkatkan cakupan distribusinya di Houston dan melukai penjualan kita.
·
Pesaing
Y menurunkan harga di Denver, dan kita kehilangan pangsa sebesar 3 poin/
·
Pesaing
Z meluncurkan fitur layanan baru di New Orleans dan kita kehilangan penjualan.
2)
Reaksi
·
Kita
akan menarik diri dari pasar Miami karena tidak mampu melawan pertarungan ini.
·
Kita
akan meningkatkan belanja iklan di Houston.
·
Kita
akan menyamai penurunan harga pesaing Y di Denver
·
Kita
akan mengingkatkan anggaran promosi penjualan kita di New Orleans.
Sisi positif perusahaan mengembangkan
orientasi pesaing : perusahaan melatih pemasarannya agar selalu waspada dan
mengamati kelemahan pesaingnya dan posisinya sendiri. Sisi negatifnya
perusahaan terlalu reaktif.
b.
Perusahaan
yang berpusat pada pelanggan
Perusahaan yang
berpusat pada pelanggan lebih memfokuskan diri pada pengembangan pelanggan dan
memformulasikan strateginya.
1)
Situasi
yang dipelajari
·
Keseluruhan
pasar tumbuh 4% pertahun
·
Semen
yang sensitif terhadap kualitas tumbuh 8% pertahun
·
Segmen
pelanggan yang suka menawar juga tumbuh pesat, tetapi pelanggan ini tidak
bertahan lama dengan satu pemasok.
·
Semakin
banyak jumlah pelanggan yang menunjukkan minat di hot line 24 jam, yang tidak
ditawarkan oleh industry manapun.
2)
Reaksi
·
Kita
akan lebih memfokuskan lebih banyak usaha untuk mencapai dan memuaskan segmen
kualitas pasar. Kita akan membeli komponen yang lebih baik, meningkatkan
pengendalian kualitas dan mengubah tema ikaln menjadi kualitas.
·
Kita
akan menghindari penurunan harga dan melakukan kesepakatan karena tidak
menginginkan jenis pelanggan yang memebeli dengan cara ini.
·
Kita
akan memasang hot line 24jam jika tampak menjanjikan.
Perusahaan yang berpusat pada pelanggan
berada dalam posisi yang lebih baik utuk mengidentifikasi peluang baru dan
menetapkan suatu arah yang menjanjikan pengirirman laba jangka panjang.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar